Saya, Organisasi (Forum Anak Balikpapan) , dan Pengalaman




“Saya ke sekolah tidak hanya menuntut ilmu, tapi juga menuntut pengalaman” Ya, itulah prinsip teguh yang saya pegang saat ini. Saya tidak ingin masa muda saya terbuang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Di bangku SD saya dipercaya sebagai ketua PMR, lanjut di tingkat SMP saya ‘menuntut’ pengalaman lewat OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di bangku kelas 7 SMP saya tembus ke bursa calon ketua OSIS SMP Negeri 4 Balikpapan dan pada akhirnya saya menjabat sebagai sekertaris I. Saat di OSIS SMP Negeri 4 Balikpapan saya belajar banyak tentang dasar-dasar organisasi, mulai dari Public Speaking, Manajemen waktu, dan Surat menyurat. Tidak jarang saya ditunjuk untuk memimpin rapat besar OSIS SMP Negeri 4 Balikpapan. Pada suatu ketika saya diminta untuk mewakili sekolah saya dalam pembentukan Forum OSIS Balikpapan, tepat ditanggal 10 Februari 2012 Forum OSIS Balikpapan resmi dibentuk, pada saat itu saya mendapat kesempatan untuk belajar lebih tentang organisasi dengan wilayah kerja tingkat kota yaitu, Kota Balikpapan. Dari Forum OSIS Balikpapan saya dapat banyak pengalaman, kenal orang-orang hebat di Kota Balikpapan,  dapat banyak ilmu.
Pada tanggal 22 Juni Forum OSIS Balikpapan, Inspirasi Muda Kaltim, dan Green Generation mengadakan event yang bertemakan lingkungan hidup yaitu #GGAwards2013, di #GGAwards2013 saya ditunjuk sebagai PIC (Person In Charge) Tim Kreatif. Di #GGAwards2013 saya mengasah potensi yang ada pada diri saya dan menyalurkan hobi saya, Desain Grafis. Ya bisa dibilang pada saat itu event #GGAwards2013 berjalan lancar. Beberapa hari setelah #GGAwards2013 berlangsung, saya dan teman-teman panitia lainnya yang pada saat itu rata-rata kalangan pelajar di Kota Balikpapan diminta berkumpul di Kantor BPMPPKB (Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana). Setiba di BPMPPKB saya baru tahu kalau ternyata akan di adakan advokasi atau pergantian pengurus Forum Anak Balikpapan. Tidak ingin membuang kesempatan emas saya yang pada saat itu duduk di kelas 7 SMP mengajukan diri untuk menjadi ketua Forum Anak Balikpapan, pada saat pemilihan ketua, saya terpilih sebagai ketua. Tepat pada 8 Juli 2013 saya dengan 32 pengurus lainnya resmi dilantik sebagai pengurus Forum Anak Balikpapan.
Apa yang saya dapat ketika menjadi pengurus Forum Anak Balikpapan ?
Banyak sekali!! Mulai dari kenal banyak sekali orang-orang professional di bidangnya, pidato di depan Pemerintah Kota Balikpapan, dapat banyak informasi menarik, sampai berangkat keluar kota bersama pengurus Forum Anak Balikpapan lainnya. Dan pengalaman yang lain yang tidak terlupakan sewaktu saya terpilih menjadi delegasi Kalimantan Timur di Kongres Anak Indonesia XII di Serang, Banten dari sinilah saya kenal banyak teman-teman yang tersebar diseluruh Nusantara. Kongres Anak Indonesia XII Banten digelar pada tanggal 10 s/d 14 Juni 2014. Awal mula saya bisa mengikuti KAI XII Banten ini sewaktu saya mewakili kota Balikpapan dalam Pertemuan Forum Anak Pronvisi Kaltim (P-FAP Kaltim), di P-FAP Kaltim yang diadakan selama hari 3 ( 29 s/d 31 Maret 2014) dipilih lah peserta terbaik untuk mewakili Kaltim dalam dua ajang yaitu Forum Anak Nasional dan Kongres Anak Indonesia. Di P-FAP saya terpilih saya sebagai peserta teraktif dan terpilih mewakili Kaltim di Kongres Anak Indonesia XII Banten. Saya merasa sangat senang dan bangga bisa menjadi salah pengurus Forum Anak Balikpapan. Oh iya, pasti banyak teman-teman bertanya apa sih Forum Anak itu ? Forum Anak merupakan organisasi yang menjadi wadah/tempat partisipasi anak dalam pembangunan. Apa aja kegiatan Forum Anak Balikpapan ?


-          CCD (Child Care Day) merupakan kegiatan yang biasa Forum Anak Balikpapan adakan pada hari minggu, biasanya pihak BPMPPKB selaku Pembina Forum Anak Balikpapan menghadirkan narasumber dari berbagai macam pihak, seperti BNN Kota Balikpapan, P2TP2A, dan dari BPMPPKB sendiri, setelah jogging biasanya kami berdiskusi seputar permasalahan di Kota Balikpapan. Dari CCD diharapkan anak-anak di Kota Balikpapan bisa tetap sehat dan dapat ilmu bermanfaat dari pemateri.


-          Latarda, (Latihan Tari Daerah) merupakan kegiatan rutin kami untuk mengisi waktu luang anak anak di Kota Balikpapan, biasanya kami memulai latihan pada pukul 09.30 WITA dan dilatih langsung oleh Disporabudpar Kota Balikpapan, dengan adanya latarda diharapkan pengurus Forum Anak Balikpapan dapat mengisi waktu luang dengan waktu yang lebih bermanfaat dan dapat menjadi pengisi acara di acara acara di Kota Balikpapan maupun provinsi.

-          FAB Care merupakan kegiatan penggalangan dana berlangsung di sekitaran lapangan merdeka dan Banua Patra Balikpapan.  penggalangan dana berlangsung dengan cara menjual barang-barang recycle yang dibuat oleh siswa-siswi se- Kota Balikpapan. Kegiatan ini berhasil menghasil 6juta Rupiah.  Minggu, 14 Juli 2013 digelar untuk menggalang dana korban gempa Aceh.

-          Miniatur Kelas Inspirasi, diadakan pada hari Minggu, 28 Juli 2013 Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan untuk menginspirasi para anak jalanan kota Balikpapan, demi terwujudnya Balikpapan Layak Anak. Kegiatan ini melibatkan Akademi Berbagi Balikpapan dan Inspirasi Muda Kaltim. Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.00 dan berakhir setelah buka puasa.

-          Green Generation Day  (22 Agustus 2013)merupakan kegiatan bukti kecintaan Forum Anak Balikpapan terhadap pelestarian lingkungan. Kegiatan ini melibatkan seluruh sekolah di Kota Balikpapan. Pada pembuka acara seluruh siswa yang ikut didalam kegiatan ini diajak untuk mengenali dan menanam mangrove (bakau) di SMA Negeri 8 Balikpapan. Kegiatan ini juga ada lomba karya tulis dengan tema kerusakan lingkungan di Kota Balikpapan. Dan sebagai penutup pengumunan pemenang lomba karya tulis dan pemotongan kue.

-          OSIS Awards 2013 (23 Desember 2013) Ini merupakan kegiatan terbesar yang pernah di adakan oleh Forum Anak bekerjasama dengan Green Generation, Inspirasi Muda Kaltim, dan Forum OSIS Kota Balikpapan. Kegiatan ini merupakan kegiatan anak untuk anak, dimana hampir seluruh panitianya masih usia anak. Kegiatan yang diadakan di Dome BSCC ini mengundang Kadisdik Kota Balikpapan, Alumni Forum Pelajar Indonesia 6, FUN Kaltim dan seluruh siswa di Kota Balikpapan karena kegiatan ini gratis.
Pengurus FAB Bersama Ibu Menteri Informatika

Bersama Kak Seto Saat di KAI XII Banten
Seru bukan ? Mari bergabung bersama kami!

3 comments:

 

INSTAGRAM : @RIDHONIZER